STORAGE DEVICE

pengertian storage devices

Storage devices pada sistem komputer adalah kata lain dari secondary storage. Fungsinya untuk menyimpan data, instruksi, dan informasi yang di butuhkan untuk masa yang akan datang.

macam-macam storage devices

Beberapa macam storage antara lain:

  • Hard disk
  • Zip disk
  • Floopy
  • Optical Devices
  • USB
  • SD card
  • Flash Memory
  • dan lain sebagainya.

HARD DISK

hddfull2

Hard disk berasal dari kata hard yang berarti keras dan disk yang berarti piringan.  Secara lebih lengkap Harddisk adalah sebuah perangkat keras yang digunakan untuk menyimpan data secara permanen (volatile) menurut perintah-perintah yang diberikan oleh pusat pemrosesan komputer.  Ukuran yang digunakan untuk membedakan kelas harddisk adalah Kapasitas, kecepatan aksess, dan interface yang digunakan.  Kapasitas harddisk dinyatakan dalam satuan byte.  Rata-rata hardisk masa kini telah berkapasitas diatas 40 GB.  Kecepatan hardisk dinyatakan dalam ukuran RPM (rotation per minuetes).  Rata-rata kecepatan hardisk masa kini adalah 7200 RPM.

Harddisk merupakan media penyimpan yang didesain untuk dapat digunakan menyimpan data dalam kapasitas yang besar. Hal ini dilatar belakangi adanya program aplikasi yang tidak memungkinkan berada dalam 1 disket dan juga membutuhkan media penyimpan berkas yang besar misalnya database suatu instansi. Tidak hanya itu, harddisk diharapkan juga diimbangi dari kecepatan aksesnya. Kecepatan harddisk bila dibandingkan dengan disket biasa, sangat jauh. Hal ini dikarenakan harddisk mempunyai mekanisme yang berbeda dan teknologi bahan yang tentu saja lebih baik dari pada disket biasa. Bila tanpa harddisk, dapat dibayangkan betapa banyak yang harus disediakan untuk menyimpan data kepegawaian suatu instansi atau menyimpan program aplikasi. Hal ini tentu saja tidak efisien. Ditambah lagi waktu pembacaannya yang sangat lambat bila menggunakan media penyimpanan disket konvensional tersebut.

CARA KERJA HARDDISK

Hardisk adalah storage devices yang paling sering di pakai. Bagian-bagian hardisk terdiri dari Logic board, motor, Platter, read-write head, interface slot, dan body. Logic board merupakan bagian hardisk yang mengatur kerja hardisk menurut instruksi dari user.  Logic board ini nantinya mengatur putaran motor dan gerak dari read-write head menurut lokasi penempatan data.  Read-write head inilah yang membaca dan menulis data pada hardisk, menyampaikan informasi kepada logic board, kemudian logic board menyampaikan kepada CPU melalui interface baik itu SATA maupun PATA.

PENGALAMAN TENTANG STORAGE DEVICE

Dulu saya beli komputer baru tapi g beberapa lama kemudian komputer saya menjadi lemot dan sering sekali macet. Saya penasaran dengan apa penyebab komputer saya begitu, saya membongkar bagian CPU. Setelah saya bongkar ternyata di dalam CPU terutama harddisk terdapat banyak debu dan kotoran-kotoran,mungkin itu karena komputer saya tidak saya tempatkan di tempat yang agak bersih. Setelah harddisk dan komponen-komponen di dalam CPU dibersihakan akhirnya komputer saya bisa normal kembali. Ternyata benar bahwa peralatan komputer itu harus bersih terutama di bagian harddisk.

About these ads

Satu Tanggapan to “STORAGE DEVICE”

  1. Cerita pengalamannya boleh lah. Tapi yang storage devicesnya kurang detil tuh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: